Pengertian Sosiologi

What is the meaning of  “ Science ” ?

  • Ilmu merupakan kumpulan pengetahuan yang ilmiah yang didapat melalui langkah-langkah sistematis dan dapat diperiksa, ditelaah secara mendalam oleh orang lain.

Membandingkan antara ilmu, ilmu pengetahuan, dan pengetahuan

  • Ilmu adalah sekumpulan pengetahuan yang disusun secara sistematis yang menggunakan penalaran dan metode tertentu (ilmiah) agar kebenarannya dapat diuji secara kritis.
  • Pengetahuan adalah kesan didalam pikiran manusia sebagai hasil penggunaan panca indera atau segala sesuai yang kita ketahui dari berbagai sumber yaitu bernalar, pengalaman, wewenang, intursi.
  • Jadi, ilmu pengetahuan yaitu kumpulan pengetahuan yang berasal dari kesan di dalam pikiran manusia yang dapat melalui langkah-langkah sistematis.

The Characteristics of Science

1. Bersifat empiris, yaitu didasarkan pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif

2.  Bersifat teoritis, yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret dilapangan dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari kerangka dari unsur – unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan  menjalankan hubungan sebab akibat.

3.  Bersifat kumulatif, artinya teori – teori sosiologi dibentuk berdasarkan teori yang sudah ada, kemudian diperbaiki, diperluas dan diperhalus.

4.  Bersifat non etis, yang dipersoalkan dalam sosiologi bukanlah baik buruknya fakta tertentu, akan tetapi menjelaskan fakta tersebut secara analitis.

Classifying of Science

  • ilmu pengetahuan alam, yaitu suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang alam. Contoh : Biologi, Fisika, Geologi, Hidrologi, kartografi, Geo,osfologi, dll.
  • Ilmu Pengetahuan Sosial, yaitu suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan sosial. Contoh : Sosiologi, antropologi, ekonomi, s ejarah, hukum, manajemen, dll.
  • Ilmu Pengetahuan Murni, yaitu ilmu yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan pengetahuan secara abstrak untuk mempertinggi mutunya, namun segi penerapannya bukan menjadi perhatian utama. Contoh : sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah.
  • Ilmu Pengetahuan Terapan, Yaitu ilmu yang bertujuanuntuk mencari cara – cara mempergunakan pengetahuan ilmiah guna memecahkan masalah praktis. Contoh : administrasi, Pemerintahan, Jurnalistik, dll.

The Meaning of  Sociology in Etimology?

  • Sociology is a term that from latin socius mean friend, and logos from Greece  mean story. Sociology appear since hundred years, even thousand years ago. But sociology as a science that learn about people, born next in Europe.

–        Sociology ( from latin : Socius “ Companion and logos ‘ knowledge “ ) is an academic and applied disipline that studies society and human social interaction.

WHAT  IS  SOCIOLOGY  ?

  • Sociology is science about people characteristic, attitude, and development. As the branch of science, sociology found for the first time by France scientist, August Comte. He is famous with “Father of Sociology” .
  • Ilmu yang mempelajari tentang masyarakat.
  • ilmu yang memusatkan perhatian pada segi – segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola – pola umum kehidupan masyarakat.

KESIMPULAN :

Sosiologi adalah pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil – hasil pemikiran ilmiah dan dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s