Jalur Pendakian Gn. Lawu

Lokasi :

Surakarta

Menuju Lokasi :

Dari terminal Tirtonadi ke Tawamangu, dari Tawamangu ke kaki gunung Lawu, Cemoro Kandang atau Cemoro Sewu

Pendakian Gunung Lawu dapat di lakukan dari Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang, dan sebaik nya dilakukan melalui Cemoro Kandang karena melalui jalur ini jalannya lebih landai di banding Cemoro Sewu, di Cemoro Sewu kita melapor ke pos penjagaan. Untuk mendaki Gunung Lawu kita harus membawa air secukupnya, meskipun di Pos V ada mata air yang tepatnya di Sendang Derajat, untuk menjaga-jaga kalau kita ngechamp di jalan. Perjalanan di mulai dari Pos penjagaan, Jalur agak landai dan batu bersusun rapi, selama perjalan kita akan melihat pemandangan hutan, bekas pohon terbakar, sebelum sampai di Pos I ada sumber air jernih yang dikenal dengan sendang panguripan. Dalam perjalanan juga kita akan melihat kera-kera berterbangan dari ranting pohon. Setelah sampai di Pos I perjalanan di lanjutkan ke Pos II. Perjalan ke Pos II cukup lama dan serta kondisi jalan yang berbatu, tak tersusun rapi. Di tengah perjalan ke Pos II akan ada pos bayangan. Selama perjalan kita akan melihat indahnya pemandangan dan awan yang mulai sejajar dengan pendaki.

Setelah sampai di Pos II, perjalan dilanjutkan ke Pos III. Kondisi jalan yang berbatu dan kecuraman yang cukup tinggi membuat kaki cepat letih. Namun itu semua akan terhibur dengan makin indah nya pemandangan. Di Pos III pemandangan makin indah di sini kita dapat bermalam jika memang kondisi kita tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Pos IV, pejalanan ke Pos IV sangatlah curam, disarankan untuk para pendaki hendaknya memakai sepatu Traking dan sarung tangan. Di Pos IV kita dapat melihat indahnya kota solo. Dan terdapat pula memoriam para pendaki G. Lawu. Dari Pos IV perjalanan dilanjutkan ke Pos V. Selama perjalan pendaki harus lebih berhati-hati karena sisi kanan jurang yang cukup dalam, di tengah perjalanan ke pos V kita akan menjumpai sebuah sumur yang di kenal Sumur Jalatunda, konon sumur ini adalah lelehan lahar dari Gunung Merapi. Perjalan ke Pos V cukup landai. Setelah sampai di Pos V, kita melanjutkan ke Pos VI. Sebelum perjalan ke Pos VI sebaiknya kita istirahat di Sendang Derajat, karena disini kita terdapat warung, mungkin Gunung Lawu saja yang di puncak nya terdapat warung. Jika kita ingin melanjutkan perjalan ke Pos VI kita dapat membawa air bersih dari sini (sendang derajat). Perjalan dapat di lanjutkan malam hari ke Pos VI di tengah jalan ada persimpangan menuju puncak karena di lawu terdapat dua puncak, ke kanan Puncak Argo Dalem, ke kiri Puncak Argo Dumilah, perjalan ke puncak Argo Dumilah cukup menanjak. Sebelum sampai di puncak terdapat gubuk Pos VI, dari Pos VI perjalan ke puncak hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. Dari Puncak Argo Dumilah kita dapat melihat kota Solo, Gunung Semeru dan masih banyak gunung yang lainnya. Jika cuaca cerah kita akan dapat menikmati indahnya sangsurya terbenam dan menjelang pagi indah surya di ufuk timur menambah indah pemandangan.

Saran kami, jika ingin perjalanan kita enak dan santai, sebaiknya bawa bekal makanan jangan terlalu banyak, karena kita dapat membelinya diwarung sendang derajat. Bawalah tenda dump karena badai di Gunung Lawu cukup besar jika cuaca sedang buruk.

2 thoughts on “Jalur Pendakian Gn. Lawu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s