Optimalkan Penggunaan Search Engine

Internet adalah gudangnya dari informasi. Hampir semua hal yang berbentuk digital dapat kita temukan di sini. Di internet kita bisa mendapatkan berita yang serius sampai dengan obrolan tukang becak, software gratis sampai dengan yang paling mahal, file musik klasik sampai dengan Rhoma Irama. Tidak ada batasnya.

Di dunia underground, internet disalahgunakan untuk kegiatan-kegiatan illegal. Dari hacking, carding sampai dengan bajak-membajak software sudah tidak asing lagi.

Tapi untuk menemukan kebutuhan kita secara spesifik tidak selalu mudah, seperti mencari jarum dalam sekam, kecuali Anda bisa menggunakan search engine dengan efektif.

Saat ini Google (http://www.google.com) masih menjadi search engine yang paling handal, karena bisa menjangkau daerah-daerah yang bahkan seharusnya restricted. Begitu hebatnya Google, sampai-sampai kegiatan searching di internet disebut dengan googling.

Kali ini saya akan mengajak sodara-sodara sebangsa dan setanah air untuk belajar bersama-sama cara menggunakan Google dengan optimal.

Menggunakan Boolean
Bagi Anda yang pernah belajar programming tentu sudah mengerti apa itu boolean. Boolean dalam bahasa Indonesia mungkin mirip artinya dengan logika. Google mengenal beberapa tanda boolean, antara lain :
1. tanda “+” atau AND
2. tanda “–“ atau NOT
3. OR

Tanda “+”
Tanda “+” (plus) atau “AND” digunakan untuk mencari informasi di internet yang mengandung dua kata atau lebih yang kita tentukan, misalnya : wallpaper + free + download
Hasil pencarian Google adalah halaman-halaman web di mana setiap halaman mempunyai tiga kata tersebut. Jika suatu halaman web hanya memiliki salah satunya saja maka tidak akan ditampilkan oleh Google.

Tanda “-”
Jika Anda menginginkan informasi tentang sepeda motor tapi Anda tidak ingin informasi tersebut berhubungan dengan Honda, Anda dapat menuliskan :
sepeda + motor – honda
Hasil yang sama akan didapatkan dengan menuliskan :
sepeda + motor NOT honda
(kata NOT tidak harus ditulis dengan huruf besar).
Tanda “OR”
Hasil pencarian Google untuk dua kata atau lebih yang dihubungkan dengan tanda “OR” sama dengan jika kata-kata tersebut dipisahkan oleh spasi. Misalnya Anda mengingikankan informasi tentang kegiatan hacking atau carding di Indonesia, Anda dapat menuliskan :
indonesia + hacking OR carding.

Pencarian Frase
Yang dimaksud frase adalah kumpulan dua kata atau lebih. Pencarian frase tertentu menggunakan Google dapat dituliskan dengan menuliskan frase tersebut di antara tanda petik ( “ ), contoh :
“Introduction to SQL Injection”.
Dengan kata kunci tersebut, Google akan memberikan dokumen-dokumen yang persis memuat frase tersebut. Contoh yang lain :
“Seventh son of seventh son”.
Dengan frase tersebut, kemungkinan besar Google akan memberikan hasil lirik lagu Iron Maiden. Pencarian dengan frase ini hasilnya sangat tajam, pastikan Anda menguasainya.

OK, teknik searching di atas adalah dasar dari teknik-teknik pencarian informasi di internet. Walaupun diasumsikan kita menggunakan Google, sebenarnya teknik-teknik tersebut dapat digunakan pada hampir semua search engine. Selanjutnya kita akan menginjak teknik-teknik yang lebih mengasyikkan, dan hanya Google yang bisa melakukannya. Yeah, Google is the best.

Mencari Directory Index
Jika suatu folder atau directory tidak mengandung file index (index.html, index.htm, index.php atau index.asp), maka akan ditampilkan daftar file yang ada di folder atau directory tersebut, dan judul atau title dari halaman yang tampil tersebut akan menjadi “Index of /nama_folder”.

Misalnya kita ingin mencari file mp3, maka kita dapat masukkan kata kunci :
“index of” + mp3
“index of” + mp3s
(ingat pelajaran Bahasa Inggris saat kita SMP, mp3s adalah kata jamak dari mp3)
“index of” + mp3 + metallica
“index of” + mp3 + rock

Contoh yang lain, misalnya kita ingin mencari database dari sebuah online shop yang, siapa tahu, ada informasi tentang credit card :
“index of” + mdb
“index of” + shop + mdb
“index of” + order
“index of” + orders + mdb
“index of” + “cgi-bin” + order

Menggunakan kata bantu filetype
Dengan menggunakan kata bantu filetype, kita dapat mempertajam pencarian file dengan ekstensi tertentu, misal :
filetype:doc
filetype:mdb
filetype:pdf

Menggunakan kata bantu site
Kata bantu site berguna untuk pencarian situs dengan domain tertentu, misalnya kita mencari file MS Word di situs militer, maka ditulis :
filetype:doc site:.mil
Contoh yang lain :
“index of” + password site:.ac.id
“login.asp” site:.go.au

Menggunakan kata bantu inurl
Kata bantu inurl digunakan untuk menemukan situs yang memiliki url tertentu, misalnya :
inurl: wwwboard/passwd.txt
Pencarian dari kata tersebut akan menghasilkan kurang lebih 139 links, yang masing-masing akan menampilan string yang ada di file passwd.txt. Oh, ya wwwBoard adalah message board berbasis CGI yang secara default menyimpan passwordnya pada file passwd.txt dengan format username:password.

Menggunakan kata bantu intitle
Seperti kita tahu bahwa setiap halaman web memiliki judul atau title. Kata bantu intitle berfungsi mencari dokumen spesifik yang mempunyai judul atau title yang kita tentukan, misalnya :
intitle:”index of” htpasswd
intitle:”admin login”
intitle:”restricted”

Contoh Aplikasi
Berikut ini contoh-contoh nakal dari pemanfaatan Google :
“index of” + admin
“index of” + members
“index of” + account + mdb
“index of” + “accounts.mdb”
inurl:”admin/password.txt”
inurl:”admin/order.txt”
inurl:”shop/orders.log”
inurl:iisadmin
“index of” + “showcode.asp”
“index of” + “EIPC.mdb”
“index of” + “shop.mdb”

2 thoughts on “Optimalkan Penggunaan Search Engine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s