Guru dan Dosen Itu Seharusnya….(Untuk Direnungkan)

RENUNGAN UNTUK GURU

  • Jika anak banyak dicela, maka ia akan biasa menyalahkan
  • Jika anak banyak dimusuhi, maka ia akan terbiasa menentang
  • Jika anak banyak dihantui ketakutan, maka ia akan terbiasa merasa cemas
  • Jika anak biasa dikasihi, maka ia akan terbiasa meratapi nasibnya
  • Jika anak terus diolok-olok, maka ia akan terbiasa jadi pemalu
  • Jika anak dikitari oleh rasa iri, maka ia akan terbiasa merasa bersalah
  • Jika anak serba dimengerti, maka ia akan terbiasa menjadi penyabar
  • Jika anak banyak diberi dorongan, maka ia akan terbiasa untuk percaya diri
  • Jika anak banyak dipuji, maka ia akan terbiasa menghargai orang lain
  • Jika anak diterima oleh lingkungannya, maka ia akan terbiasa menyayangi orang lain
  • Jika anak tidak banyak dipersalahkan, maka ia akan senantiasa senang menjadi dirinya sendiri
  • Jika anak mendapatkan banyak pengakuan dari lingkungannya, maka ia akan terbiasa menetapkan langkahnya sendiri
  • Jika anak diperlakukan dengan jujur, maka ia akan terbiasa melihat kebenaran
  • Jika anak ditimang tanpa berat sebelah, maka ia akan terbiasa melihat keadilan
  • Jika anak mengenyam rasa aman, maka ia akan terbiasa mengendalikan diri dan selalu mempercayai orang yang ada disekitarnya
  • Jika anak selalu dikerumuni keramahan, maka ia akan terbiasa berpendirian

GURU ADALAH GARAM DUNIA, JIKA GARAM SUDAH KEHILANGAN RASA ASINNYA, DENGAN APALAGI DUNIA INI AKAN DIGARAMI

WATAK  GURU  MENURUT  KONSEP  ISLAM

1. Aqidah lurus                          6. Sehat Jasmani dan Rohani

2. Ibadahnya benar                   7. Bermata pencaharian

3. Ahlaqnya terpuji                    8. Luas wawasan/pengetahuannya

4. Menghargai waktu                  9. Istiqomah

5. Tertibnya urusan                   10. Bermanfaat untuk orang lain

TUGAS POKOK GURU

  • PENGAJAR
  • PENDIDIK
  • PEMBIMBING

TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) GURU

  • Menyusun program pembelajaran/praktek atau bimbingan
  • Menyajikan program pengajaran/praktek atau bimbingan
  • Mengevaluasi proses pembelajaran/praktek atau bimbingan
  • Menganalisis hasil evaluasi belajar/praktek atau bimbingan
  • Menyusun program perbaikan/remedial atau pengayaan
  • Melaksanakan program perbaiakan/remedial dan pengayaan
  • Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler/pengembangan diri
  • Membimbing guru dalam melaksanakan proses pembelajaran
  • Memahami dan melaksankan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah
  • Melaksanakan tugas tertentu (tambahan) di sekolah
  • Melaksanakan tugas di daerah terpencil (jika diminta)
  • Membuat karya tulis ilmiah di bidang pendidikan
  • Melakukan Penelitian Tindakan Kelas
  • Menemukan tekhnologi tepat guna di bidang pendidikan
  • Membuat alat peraga/alat pembelajaran yang sederhana berwawasan lingkungan
  • Selalu mengikuti perkembangan kurikulum
  • Mengikuti pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme guru
  • Hal-hal lain yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan

GURU YANG TERPUJI

  • Mampu menyatakan pendapat secara lisan dan tulisan
  • Bersedia untuk mendengar dan menghargai pendapat orang lain
  • Sopan dan santun dalam pergaulan
  • Disiplin dalam bekerja
  • Mempunyai komitmen dalam melaksanakan tugas
  • Bertanggungjawab terhadap hasil kerjanya
  • Dapat mengendalikan emosinya
  • Menyayangi dan mengayomi peserta didik
  • Memberikan bimbingan yang optimal kepada peserta didik
  • Inovatif
  • Memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar
  • Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

GURU HARUS  TAHU  DAN FAHAM :

  • Visi, misi, dan tujuan sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
  • Mengenal dasar, fungsi, dan tujuan pendidikan
  • Menguasai keberadaan kurikulum yang menjadi dasar pelaksanaan pembelajaran
  • Perekat NKRI sebagai satu wawasan geopolitis dan geografis
  • Menyadari bahwa pekerjaan guru adalah sebagai profesi

GURU YANG BERDAYA

  • Merasa memiliki pekerjaan
  • Bertanggung jawab
  • Hasil pekerjaannya sangat berarti bagi tempat kerjanya
  • Tahu di mana harus berdiri
  • Memiliki control terhadap pekerjaan
  • Pekerjaan merupakan bagian daripada hidupnya

YANG MEMBERDAYAKAN GURU

  • Pemberian wewenang dan tanggung jawab
  • Pekerjaan yang bermakna
  • Pemecahan masalah secara berkelompok
  • Variasi tugas
  • Prestasi Kerja terukur
  • Tantangan
  • Pemberian kepercayaan
  • Pujian karena keberhasilan
  • Penghargaan atas ide-ide cemerlang
  • Perlakuan secara manusiawi

GURU YANG PROFESIONAL

Untuk menjadi guru yang professional, harus memiliki kompetensi.

APA ITU KOMPETENSI ?

  • Kepmendiknas Nomor 045/U/2002, kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sesuai dengan pekerjaan tertentu. Kompetensi guru dimaknai sebagai keseluruhan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran.
  • PP Nomor 19/2005 menyatakan kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, professional, dan sosial. Keempat jenis kompetensi guru beserta sub kompetensi dan indicator esensialnya diurakan seperti di bawah ini.

KOMPETENSI PEDAGOGIK

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik yang meliputi :

  • Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan
  • Pemahaman terhadap peserta didik
  • Pengembangan kurikulum/silabus
  • Perancangan pembelajaran
  • Pelaksanaan pembelajaran, mendidik dan dialogis
  • Evaluasi hasil belajar, dan
  • Pengembangan peserta didik, mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

KOMPETENSI KEPRIBADIAN

Kompetensi kepribadian merupakan cerminan kepribadian guru, yaitu :

  • Mantap
  • Stabil
  • Dewasa
  • Arif dan bijaksana
  • Berwibawa
  • Berahlak mulia
  • Teladan bagi peserta didik dan masyarakat
  • Mengevaluasi kinerja sendiri, dan
  • Mengembangkan diri secara berkelanjutan

KOMPETENSI PROFESIONAL

Kompetensi Profesional merupakan kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, meliputi :

  • Konsep, struktur, dan metode
  • Materi ajar sesuai dengan kurikulum sekolah yang berlaku
  • Hubungan konsep antara mata pelajaran yang terkait
  • Penerapan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari, dan
  • Kompetisi dalam konteks global dengan tetap melestarikan nilai dan budaya nasional

KOMPETENSI SOSIAL

Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat untuk :

  • Berkomunikasi lisan dan tulisan
  • Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
  • Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua atau wali peserta didik, dan
  • Bergaul secara santun dengan masyarakat

STANDAR  NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)

PP RI No. 19 Tahun 2005

Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hokum Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang meliputi :

1. STANDAR ISI

Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

Standar isi memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, KTSP, dan kalender pendidikan.

2. STANDAR PROSES

Standar Proses adalah standar nasioanal pendidikan yang berkaitan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.

Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, insfiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi berbagai prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup.

3. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Standar Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

4. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Standar Pendidik dan tenaga kependidikan adalah kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.

5. STANDAR SARANA DAN PRASARANA

Standar sarana dan prasarana adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolah raga, tempat berekreasi dan berkreasi, serta sumber belajar lainnya, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi dan komunikasi.

6. STANDAR PENGELOLAAN

Standar pengelolaan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikanpada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, propinsi atau nasional agar tercapai efesiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan.

7. STANDAR PEMBIAYAAN

Standar pembiayaan adalah standar yang mengatur komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan pertanggung jawaban penggunaan dana-dana pendidikan

8. STANDAR PENILAIAN

Standar penilaian adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrument penilaian hasil belajar peserta didik.

5 S  MENJADI GURU DENGAN PRIBADI SIMPATIK DAN MENAWAN :

  • SENYUM
  • SALAM
  • SAPA
  • SOPAN
  • SANTUN

5 AS  GURU DALAM BERKIPRAH :

  • Kerja kerAS
  • Kerja CerdAS
  • Kerja BerkualitAS
  • Kerja TuntAS
  • Kerja IkhlAS

GURU SEBAGAI PEJUANG, ADALAH GURU YANG BERKORBAN UNTUK KEPENTINGAN ORANG BANYAK.

GURU SEBAGAI PEKERJA, ADALAH GURU YANG BEKERJA SESUAI DENGAN BAYARANNYA.

GURU SEBAGAI PENJAHAT, ADALAH GURU YANG MENGORBANAKAN ORANG LAIN UNTUK KEPENTINGAN DIRINYA.

Pribadi         Guru yang kredibel meliputi :

  • Jujur dan terpercaya
  • Cakap dan memuaskan
  • Kreatif dan inovatif

Mulailah bergaul dengan sopan dan penuh kelembutan, berbicara hati-hati, dan jangan menyinggung perasaan orang lain.

Kita harus sopan dalam kondisi apapun :

  • Berdiri, duduk, menyimpan tangan, menyuruh, menyelonjorkan kaki, menunjuk, berbusana, berbicara, dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s