Memahami Dunia Remaja

(compilasi dari berbagai sumber)

Dilihat dari siklus kehidupan, masa remaja merupakan yang paling sulit untuk dilalui oleh individu. Masa ini dapat dikatakan yang paling kritis dalam tahap-tahap kehidupan.

Mengapa? Karena pada masa inilah terjadi begitu banyak perubahan dalam diri individu baik fisik maupun psikologis. Perubahan dari ciri kanak-kanak menuju pada dewasa. Pada wanita ditandai dengan mulainya menstruasi atau buah dada yang membesar. Pada pria antara lain ditandai dengan perubahan suara, otot semakin membesar serta mimpi basah.
Dalam kondisi berbagai perubahan di atas, remaja biasanya tidak mau lagi dikatakan sebagai kanak-kanak namun remajapun belum dapat dikatakan sebagai orang dewasa jika dilihat dari berbagai kesiapan yang mereka miliki.

Berbagai perubahan fisik yang terjadi pada remaja merupakan proses yang alamiah, yang akan dilalui oleh semua individu. Namun seringkali ketidaktahuan remaja terhadap perubahan itu sendiri membuat mereka hidup dalam kegelisahan dan perasaan was-was. Ditambah dengan perubahan konsep diri dan pencarian identitas diri maka akan banyak permasalahan yang muncul jika mereka tidak dibimbing dengan baik untuk melewati masa tersebut.

Proses pencarian identitas diri tersebut harus mendapat bimbingan dari orang sekelilingnya agar mereka dapat tumbuh menjadi remaja yang bertanggung jawab.

  • APAKAH KAMU CUKUP MENGETAHUI TENTANG REMAJA?

Remaja adalah individu, perempuan atau laki-laki, yang berada pada usia antara anak-anak dan dewasa. Batasan remaja dalam hal ini adalah usia 10 tahun s/d 19 tahun menurut klasifikasi World Health Organization (WHO). Sementara United Nations (UN) menyebutnya sebagai anak muda (youth) untuk usia 15-24 tahun. Ini kemudian disatukan dalam batasan kaum muda (young people) yang mencakup usia 10-24 tahun.

  • MENGAPA REMAJA SERING DIBICARAKAN?

Individu pada masa tersebut mengalami situasi pubertas di mana ia akan mengalami perubahan yang menyolok secara fisik maupun psikis. Secara psikis masa remaja merupakan masa persiapan terakhir dan menentukan untuk memasuki tahapan perkembangan menjadi dewasa.

  • PERUBAHAN APA YANG DIALAMI?

Ketika kamu memasuki usia remaja, kamu mengalami perubahan-perubahan yang cukup menyolok dibandingkan sebelumnya. Perubahan tersebut meliputi perubahan fisik, baik yang terlihat dari luar maupun yang tidak. Kamu juga mengalami perubahan emosional yang kemudian tercermin dalam sikap dan tingkah lakumu.

Perkembangan kepribadian pada masa ini dipengaruhi tidak saja oleh orang tua dan lingkungan keluarga, tetapi juga lingkungan sekolah maupun teman-teman pergaulan di luar sekolah. Disamping itu pengaruh lain yang berasal dari pesatnya kemajuan teknologi informasi baik media cetak maupun media ekektronika. Wawasan dan pengetahuan tentang hal-hal tersebut akan mempengaruhimu dalam proses mencari jati diri.

  • PERUBAHAN FISIK APA SAJA YANG KAMU ALAMI

Tubuhmu mengalami perubahan dari waktu ke waktu sejak kamu lahir. Perubahan yang cukup menyolok terjadi ketika kamu memasuki usia antara 9 sampai 15 tahun, pada saat itu mereka tidak hanya tumbuh menjadi lebih tinggi dan lebih besar saja, tetapi terjadi juga perubahan-perubahan di dalam tubuh yang memungkinkan untuk bereproduksi atau berketurunan.

Perubahan fisik yang terjadi pada laki-laki sama halnya dengan remaja perempuan, hormon testosteron akan membantu tumbuhnya bulu-bulu halus di sekitar ketiak, kemaluan laki-laki, janggut dan kumis, terjadi perubahan suara pada remaja laki-laki, tumbuhnya jerawat dan mulai diproduksinya sperma yang pada waktu-waktu tertentu keluar sebagai mimpi basah. Perubahan lain antara lain:  tubuh bertambah berat dan tinggi, keringat bertambah banyak, kulit dan rambut mulai berminyak, lengan dan tungkai kaki bertambah panjang

  • Tangan dan kaki bertambah besar
  • Tulang wajah mulai memanjang dan membesar, sehingga tidak terlihat seperti anak kecil lagi
  • Pundak dan dada bertambah besar dan bidang
  • Tumbuh jakun
  • Suara berubah menjadi berat

Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut maka kamu perlu memperhatikan kebersihan tubuh secara lebih seksama.
Remaja laki-laki perlu secara teratur mencukur bulu-bulu disekitar ketiak atau kemaluan dan mencegah bau badan.
Perubahan fisik baik pada remaja perempuan maupun remaja laki-laki akan berhenti pada usia sekitar 20 tahun, yang berakibat pada remaja selain tubuh tidak akan bertambah tinggi, payudara tidak akan membesar lagi, dan panggul tidak akan bertambah lebar.

  • PERUBAHAN EMOSIONAL/PSIKIS YANG TERJADI DI ANTARA KAMU?

Selain terjadi perubahan fisik, kamu juga mengalami perubahan-perubahan emosi, pikiran, perasaan, lingkungan pergaulan dan tanggung jawab yang dihadapi. Begitu pentingnya perubahan dari masa anak ke masa remaja ini sehingga pada beberapa kelompok budaya hal ini ditandai dengan adanya upacara-upacara tertentu, misalnya pada masyarakat Jawa diadakan selamatan ketika seorang anak perempuan mendapat menstruasi yang pertama dan pada beberapa suku di Papua misalnya anak laki-laki di suruh berburu ketika ia dinyatakan memasuki masa remaja.
Datangnya menstruasi (pada perempuan) atau mimpi basah pertama (pada laki-laki) tidak sama pada setiap orang. Banyak faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut. Salah satunya adalah karena masalah gizi. Saat ini ada seorang anak perempuan yang mendapatkan menstruasi pertama di usia 9-10 tahun. Namun pada umumnya sekitar 12 tahun.

  • ALAT REPRODUKSI YANG PERLU KAMU KENALI ?

Alat reproduksi manusia terdiri dari alat-alat bagian luar (yang bisa dilihat) dan alat-alat yang letaknya di dalam tubuh.

  • APAKAH KAMU MENGENALI ALAT REPRODUKSI PRIA ?

Alat reproduksi bagian luar yang dapat dilihat adalah penis dan buah zakar. Alat-alat ini terletak di antara pangkal paha, lebih mudah dilihat daripada alat reproduksi perempuan yang letaknya lebih tersembunyi.
Buah zakar. Buah zakar terdiri dari kantung zakar yang terbuat dari kulit yang halus dan berkeriput dimana di dalamnya terdapat sepasang testis.
Penis. Penis terbuat dari jaringan spons yang lembut dan sel-sel darah (blood vessels). Air kencing keluar dari tubuh laki-laki melalui lubang kecil yang terletak di ujung kepala penis. Ketika bayi laki laki lahir penis diselubungi oleh semacam kulit luar yang longgar. Untuk tujuan kebersihan dan kesehatan kelebihan kulit yang menutupi penis dipotong(disunat) kira-kira 1-1,5 sentimeter sehingga penis mudah dibersihkan. Alat reproduksi laki-laki yang tidak terlihat terdiri dari testis (buah zakar) tempat di mana diproduksi sperma. Setiap hari diproduksi 100-300 juta sperma.

  • BAGAIMANA MIMPI BASAH TERJADI ?

Seperti disinggung diatas, remaja laki-laki memproduksi sperma setiap harinya. Sperma tidak selalu harus dikeluarkan, dalam hal ini ia akan diserap oleh tubuh dan dikeluarkan melalui cairan keringat, kotoran cair dan kotoran padat. Sperma bisa dikeluarkan melalui proses yang disebut ejakulasi, yaitu keluarnya sperma melalui penis. Ejakulasi bisa juga terjadi secara alami (tidak disadari oleh remaja laki-laki) yaitu melalui mimpi basah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s