Berbuka dan Sahur Yang Benar

Oleh Khaerul Muslim (dari berbagai sumber bacaan islam)

Setelah mengalami ‘istirahat’ selama 16 jam, kita harus berhati-hati memberi tugas kembali saluran pencernaan. Pada saat buka puasa, sebaiknya pilih minuman yang manis atau makan makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu, seperti kolak, bubur, dan segala macam makanan lainnya yang mudah dicerna. Ini umumnya berupa makanan yangtermasuk dalam golongan hidrat arang.

Setelah salat magrib, yaitu setelah saluran pencernaan kembali diberi waktu istirahat, barulah menyantap makanan lengkap, seperti nasi, lauk, sayuran,  buah-buahan, dan lain-lain. Hindari makan berlebihan. Berhentilah makan sebelum benar-benar kenyang karena pada saat gula darah mencapai titik puncak, rasa kenyang itu baru akan timbul.
Pada bulan puasa, banyak orang justru makan lebih banyak pada malam hari yang dapat membuat badan semakin gembul. Tentu saja Anda diperbolehkan makan/minum di antara waktu buka puasa dan waktu sabur, tetapi seandainya Anda tidak melakukannya, maka jumlah kalori secara total dalam sehari pasti akan dibawah jumlah kalori sewaktu tidak sedang berpuasa. Ini dapat dimanfaatkan bagi mereka yang memang ingin mengurangi berat badannya.

Kini, tibalah pada makan sabur. Pada dasarnya, makan di pagi-pagi buta bukan kebiasaan manusia normal. Manusia memiliki’ jam tubuh’, waktu yang telah terprogram sesuai kegiatan hidupnya sehari-hari. Seseorang akan merasa lapar pada waktu-waktu tertentu, makan tiga kali sehari, dan sebagainya.

Waktu subuh bagi kebanyakan orang bukanlah waktu untuk makan, melainkan waktu ketika orang sedang nyenyak-nyenyaknya tidur. Oleh karena itu, harus diketahui bahwa proses makan sahur bukan proses yang biasa. Dengan kata lain, saluran pencernaan tidak benar-benar prima dalam menerima tugas. Oleh sebab itu, makan pada saat sahur harus sedikit dibedakan dengan makan biasa. Maksudnya, agar tidak memberi tugas yang terlampau berat pada saluran pencernaan.

Awali dengan makanan yang mudah dicerna, misalnya makanan yang dibuat dari hidrat arang sederhana atau hidrat arang olahan. Barulah kemudian makan secara lengkap. Hindari terlalu banyak makan makanan berbentuk hidrat arang karena akan membuat hormon insulin tubuh menjadi berlebihan. Insulin akan sangat mempercepat turunnya kadar guladarah sehingga akan membuat Anda menjadi cepat lapar keesokan harinya.

Makanan yang ‘tahan lama’atau tidak cepat menyebabkan lapar kembali adalah protein (daging,ikan,ayam,telur,tahu,tempe) dan sayuran serta buah-buahan. Jangan makan secara terburu-buru karena akan memicu timbulnya gejala gangguan pencernaan. Oleh sebab itu, bangunlah tepat waktu, sehingga Anda memiliki cukup waktu untuk makan dengan tenang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s